Selasa, 13 Agustus 2024

Tukang Ojol


Beberapa hari yang lalu, Salsa terpaksa naik Ojol (Ojek online) ke sekolah. Biasanya ayah akan standby antar jemput, tapi kali ini tidak bisa karena ada pekerjaan mendesak. 

Saya tampak ragu, tapi tidak demikian dengan Salsa. Berulang kali meminta saya untuk segera memesan Ojol. Takut terlambat katanya. Salsa segera memakai sepatu dan berdiri menunggu. 

Tepat jam 12.30 Ojol datang. Saya ikut keluar mengantar Salsa sambil menemui Ojol. "Ini uangnya pak....hati-hati di jalan ya pak." Si Ojol manggut-manggut mengerti dan motor Scoopy hijau itu menghilang dari pandangan. 

Sebenarnya saya agak was-was melepas anak naik Ojol apalagi kalau sendiri walaupun jarak rumah ke sekolah tidak jauh. Akhirnya saya mengirim pesan ke Ibu Wali kelas untuk memastikan Salsa sudah tiba di sekolah. Ibu guru langsung mengirim foto Salsa yang sudah duduk manis di bangkunya. Alhamdulillah. 

Pulang sekolah, seperti biasa Salsa membawa banyak cerita. Mulai dari sikap dan tingkah teman-temannya yang usil, pelajaran sekolah yang sulit, tentang gurunya dan lain-lain. Kali ini ada tambahannya, Salsa cerita tentang Om Ojol sambil merengut.

"Om nya ndak ada senyumnya sama sekali pas saya bilang terima kasih, Bun..." 
"Oya??" Saya memperjelas kembali. 
"Seharusnya bilang sama-sama baru kasih senyum." lanjut Salsa sedikit kesal. 

Salsa kemudian membandingkan tukang Ojol lain yang pernah mengantarnya ke sekolah waktu bersama si kakak. Katanya sangat ramah. 

"Mungkin si Om lagi banyak pikiran kali ya?" Timpal saya menenangkan Salsa. 
"Iyaa, seharusnya bilang sama-sama dan senyum ke saya, Bunda..." 
"Iya ga apa-apa, yang penting kan Salsa sudah diantar sampai sekolah."
"Iya sih.."

Salsa diam sambil melepas seragam Pramuka-nya. Saya mencoba menenangkan sekaligus menasihati bahwa tidak selamanya keadaaan yang terjadi harus sesuai hatinya. Termasuk respon dari orang lain. Salsa berlalu sambil manggut-manggut.

"Eh, tapi Bunda..." Salsa kembali mendekat dengan setengah berlari.
"Jaketnya harum lohh...." Saya menoleh kaget dan seketika kami tertawa bersama. 

Harum.....Hhmm...ternyata menjadi point plus di mata Salsa walaupun Om Ojol minus senyuman 😄


Mamuju, 13 Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...