Selasa, 06 Agustus 2024

Kenapa Tetap Pakai Masker?

Sejak pandemi Covid-19, kalau kemana-mana saya selalu menggunakan masker. Walaupun hanya segelintir orang di luar sana yang tetap menggunakan masker. 

Suatu saat saya ke mall bersama anak-anak. Saat masih di rumah menunggu transportasi  Grab menjemput, tiba-tiba Salsa bertanya kepada saya.

"Kenapa pakai masker Bunda?" 
"Ya..biasanya juga pake kan?"
"Kan naik mobil, ndak ada debu."
"Lebih enak pake masker." Saya menjawab sambil memperbaiki posisi masker.

Akhirnya berangkatlah kami menuju mall. 
Sesampainya di mall, Salsa tetap menyuruh saya untuk membuka masker saja. Si Kakak menegur adiknya untuk tidak memaksa saya membuka masker. Tapi ternyata Salsa kekeh juga. Ya sudah. Akhirnya saya menyimpan masker di tas. Aktivitas kami di mall berjalan lancar. Anak-anak akur dan tidak banyak maunya.

Sebelum balik ke rumah, kami ke Hypermart dulu. Saya melihat kenalan saya yang sibuk berbelanja. Saya menegur. Tapi rupanya kurang direspon. Hanya tersenyum kecil kemudian sibuk memasukkan barang di keranjang. "Ah, lagi fokus pilih-pilih barang" bisik saya dalam hati. Kami bertemu lagi di dekat kasir. Saya menegur kembali sambil memperjelas suara. Seketika si bapak terdiam sambil mengernyitkan dahi. Nampak berpikir. Batin saya bertanya-tanya. Saya salah orang kah? Orang yang mirip kah?

"Bu Ria?" 
Deg. "Lho, daritadi bapak ga kenal saya? Nah lohhh. Kaget. "Ihh, saya kira siapa" Si bapak mendekat dan kami bersalaman. 

Si bapak bingung sendiri kenapa bisa lupa dengan wajah saya. "Ohhh, saya tahu...selalu ki pake masker kalau ketemu saya tohh??" tanya si Bapak dengan logat Mamuju nya yang begitu kental. Saya mengingat-ingat kemudian mengangguk sambil tertawa. Iya juga ya. Pantas saja tidak begitu ngeh kalau itu saya.  

Saya memang jarang sekali melepas masker pada saat bertemu beliau. Saya mendelik ke arah Salsa. Salsa berlari menuju lorong snack, tahu akan ulahnya sampai membuat Bundanya tidak dikenali teman sendiri.

Nah, masker juga ternyata bisa menjadi identitas diri bagi pemiliknya. Kalau fashion atau pakaian yang kita kenakan bisa menjadi identitas diri, begitu pula dengan masker yang saya gunakan. Pakaian yang kita kenakan bisa memberikan rasa percaya diri dan membedakan diri dengan orang lain, begitu pula dengan masker yang saya gunakan-menurut saya pribadi. Ternyata saya lebih dikenali ketika menggunakan masker daripada tidak.

Selain mencegah dari sakit dan terhindar dari polusi udara, saya merasa lebih nyaman menggunakan masker di luar rumah. Maka dari itu, saya masih betah menggunakan masker sampai sekarang walaupun peraturan menggunakan masker sudah lama dicabut. 

====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...